Jago Lagu
  • Kamis, 27 Jan 2022
  •  

Wow! Berapa Vitamin D Harian per Hari yang Dibutuhkan Tubuh?

Wow! Berapa Vitamin D Harian per Hari yang Dibutuhkan Tubuh?

Wow! Berapa Vitamin D Harian per Hari yang Dibutuhkan Tubuh? (Cnn)

VST.MY.ID - Vitamin D menjadi salah satu nutrisi penting untuk sistem imun yang kuat. Berapa dosis konsumsi vitamin D per hari?

Vitamin D sendiri merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Ada dua bentuk vitamin D yang ditemukan pada makanan dan suplemen. Keduanya adalah vitamin D2 yang ditemukan pada beberapa jamur dan vitamin D3 yang ditemukan pada ikan, minyak ikan, dan kuning telur.

D3 umumnya lebih kuat jika dibandingkan dengan D2. Mengutip Healthline, asupan D3 dapat meningkatkan kadar vitamin D keseluruhan hampir dua kali lipat.

Sejumlah vitamin D juga dapat didapat dari paparan sinar matahari. Setiap kelebihan vitamin D akan disimpan dalam lemak tubuh untuk digunakan kemudian.

Pilihan Redaksi


Perlukah Susu dan Vitamin C Tambahan untuk Sembuhkan Covid?


Mengenal Manfaat Vitamin C, D, E dan Zinc untuk Pasien Covid

4 Jamu Tradisional yang Bantu Menambah Imun Tubuh


Lantas, seberapa banyak dosis konsumsi vitamin D per hari yang dibutuhkan?

Berapa banyak vitamin D harian yang dibutuhkan akan tergantung pada sejumlah faktor, termasuk usia, etnis, musim di tempat tinggal, hingga paparan sinar matahari.


National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan asupan harian vitamin D sebesar 400-800 IU atau sekitar 10-20 mikrogram.


Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa asupan harian vitamin D harus lebih tinggi jika Anda kurang terpapar sinar matahari atau memiliki warna kulit yang lebih gelap.

Sementara itu, mengutip Medical News Today, Endocrine Society menyarankan orang dewasa dengan kadar vitamin D dalam darah di bawah 30 ng/dL untuk memperoleh asupan harian vitamin D sebesar 1.500-2.000 IU.


Terlalu Banyak Asupan Vitamin D

Namun, perlu diingat, Anda juga disarankan untuk tidak terlalu banyak memperoleh asupan vitamin D. NIH merekomendasikan maksimal asupan vitamin D harian sebesar 4.000 IU.

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan jika Anda memperoleh asupan vitamin D berlebih, sesuai berikut: - muntah - mual - kehilangan selera makan - sembelit - penurunan berat badan - rasa lelah - kerusakan ginjal


Ilustrasi. Berjemur memperoleh sinar matahari menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian. (ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA)

Tak hanya itu, asupan vitamin D berlebih juga dapat meningkatkan kadar kalsium dalam darah. Kondisi ini dapat memicu masalah kesehatan sesuai kebingungan mental dan masalah jantung.

Orang yang menggunakan obat tertentu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin D. Pasalnya, vitamin D dapat berinteraksi dengan sejumlah obat dan menghentikan kerja obat. Misalnya saja beberapa obat kortikosteroid, penurun berat badan, dan obat untuk epilepsi.

Untuk hasil terbaik, Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memperoleh dosis konsumsi vitamin D per hari yang tepat. (asr)


(CNN)

Total dibaca: 159x | Berikan Komentar!


Bram Dika Admaja
Penulis : Bram Dika Admaja
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *
TOPIK HANGAT

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

BERITA POPULER

Oops, Kabupaten Langkat Promosikan Wisata Tidur di Sawah