Jago Lagu
  • Rabu, 25 May 2022
  •  

Wisata Pantai Hamadi Harga Tiket Masuk, Rute Lokasi dan Foto Terbaru

Wisata Pantai Hamadi Harga Tiket Masuk, Rute Lokasi dan Foto Terbaru

Wisata Pantai Hamadi Harga Tiket Masuk, Rute Lokasi dan Foto Terbaru

VST.MY.ID - Pantai Hamadi yang berada di Desa Tobati, Kecamatan Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua 99221, Indonesia. ini selalu ramai pengunjung setiap akhir pekan.

Selain tempatnya yang indah, sejuk juga akses jalan menuju Pantai Hamadi tidak begitu sulit. Mungkin anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

Papua merupakan salah satu provinsi yang memiliki wilayah begitu luas. Dari begitu luas wilayahnya, pulau ini tentu saja memiliki potensi alam yang berlimpah. Banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan.

Ditambah lagi Papua memiliki cerita latar belakang sejarah yang kuat saat negara ini belum merdeka. Cerita sejarah tersebut pun dapat Anda temukan pada salah satu objek wisatanya yaitu Pantai Hamadi.

Sudah pernahkah Anda mengunjungi pantai tersebut? Karena kami akan memberikan informasi terkait pantai tersebut.  Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, simak pada artikel di bawah ini ya.


Sejarah Pantai Hamadi

Menurut cerita sejarah, pantai Hamadi merupakan salah satu pantai yang memiliki histori yang cukup menarik dan berbeda dari pantai-pantai lain di kota Jayapura. Dahulu kala Pantai Hamadi bernama Pantai Hollandia.


Pantai ini merupakan bekas dari perang dunia ke-II dan menjadi tempat pendaratan pasukan amphibi sekutu pada tahun 1944. Karena itulah, kawasan ini digunakan sebagai transit sekaligus menjadi basis pusat komando.

Pusat komando inilah yang dipergunakan sebagai persiapan bagi para pasukan sekutu yang akan menghadapi pasukan Jepang dengan tujuan menguasai wilayah Pasifik. Untuk pertahanan para pasukan sekutu maka dibangunlah benteng pertahanan.


Benteng pertahanan tersebut terbentang sekitar 2 kilometer untuk melindungi pasukan sekutu dari serangan Jepang. Meskipun sudah lama dibangun, akan tetapi benteng ini sampai saat ini masih berdiri kokoh walaupun sudah banyak yang hancur.

Oleh karena itu, selain memiliki nilai sejarah masa lampau, pantai ini pun sekarang juga menjadi kawasan obyek wisata bagi wisatawan. Tak heran jika waktu libur tiba pantai ini dipadati pengunjung untuk berlibur.


Harga Tiket Masuk Pantai Hamadi

Sebelum memasuki kawasan Pantai Hamadi, sesampainya di jalan menuju pintu masuk maka Anda harus melewati pintu gerbang Pantai Hamadi.

Nah, disitulah maka akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 20.000 bagi kendaraan roda empat.

Dengan membayar tiket masuk tersebut, maka Anda sudah dapat memasuki kawasan pantai dan juga menikmati keindahannya.


Rute Menuju Lokasi Pantai Hamadi

Pantai Hamadi ini berada di Tobati, Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Berada kurang lebih 5 kilometer dari pusat kota Jayapura.

Karena jaraknya tidak begitu jauh dari kota, maka letak pantai ini dikatakan cukup strategis dan tidaklah sulit untuk dijangkau.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi sesuai sepeda motor ataupun mobil, bahkan juga dapat menggunakan angkutan umum dari kota.


Untuk rute lokasi menuju pantai ini pun dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 20 menit perjalanan.

Anda dapat memulai dari pusat Kota Jayapura menuju Jl. Perkutut, kemudian ke Jl. Raya Abepura, yang selanjutnya menuju Jl. Poros.

Lalu arahkan ke Jl. Ring Road Jayapura dan menuju Jl. Hamadi Pante. Sampailah Anda ke pintu gerbang Pantai Hamadi.

Objek Wisata Pantai Hamadi

Selain memiliki cerita sejarah yang begitu melekat, pantai ini juga memiliki karakteristik tersendiri dengan adanya daya tarik wisata :

1. Panorama Yang Memukau

Panorama pantai ini begitu eksotis dengan pemandangan yang langsung ke lautan lepas. Kawasan pantai ini juga dikelilingi dengan pepohonan hijau pohon cemara yang berlatar belakang pohon mangrove.



Hal ini lah yang memberikan suasana kesejukan saat berada di Pantai Hamadi. Selain itu, Anda Juga dapat memanfaatkannya sebagai background foto ditambah lagi dengan adanya beberapa hiasan yang dapat dijadikan spot berfoto Anda.

2. Barang Peninggalan Bersejarah

Tak hanya menyimpan cerita sejarah saja, akan tetapi hingga saat ini masih terdapat beberapa peninggalan sejarah pada saat itu.

Meskipun kondisinya tidaklah begitu utuh, akan tetapi tetap masih menarik untuk dikunjungi lho.

Beberapa peninggalan sejarah yang masih dapat Anda temukan yaitu benteng pertahanan yang terbentang kira-kira 2 kilometer, yang menjadi tempat berlindung para pasukan sekutu.

Selain itu juga masih terdapat beberapa benda peninggalan peperangan juga.

3. Ombak Terbang

Hal yang menarik dan dapat Anda temukan di Pantai Hamadi pada saat air laut pasang yaitu ombak terbang. Bagaimana dapat ombak terbang? Pasti Anda bingung ya?

Jadi, ombak terbang merupakan ombak yang datang dan membentur tembok buatan yang memanjang sekitar 200 meter dengan begitu air laut akan terbentur dengan kerasnya.

Sehingga ombak tersebut memuncrat tinggi hingga 5-8 meter. Dari situlah maka disebut dengan ombak terbang.

4. Berenang

Karena ombak yang datang tidak begitu besar dan sudah dipecah dengan tembok pemecah gelombang, maka Anda dapat bermain air dan berenang di pantai ini. Anda Pun dapat bersama-sama mengajak anak-anak untuk bermain di perairan ini.

Sehingga, jangan lupa juga membekali pelampung ya. Selain itu, meskipun ombak yang datang tidak besar akan tetapi juga perlu pengawasan lebih agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

5. Sunset

Selain memiliki panorama pantai yang begitu indah, Pantai Hamadi juga akan semakin terlihat mempesona saat sunset datang.

Ketika cuaca cerah dan matahari mulai terbenam maka akan terlihat pancaran warna kemerahan yang akan semakin tenggelam.

Nah pada saat itu juga matahari perlahan-lahan akan tenggelam seolah masuk ke dalam pulau teluk Youtefa.

Oleh karena itu sunset ini menjadi panorama yang begitu ditunggu oleh wisatawan karena berbeda dengan kebanyakan wisata pantai lainnya.

Fasilitas Pantai Hamadi

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia bagi para wisatawan yang datang di Pantai Hamadi yaitu :

1. Pondokan

Karena suasana yang begitu nyaman, sangat mendukung bagi Anda yang ingin bersantai di pantai ini. Anda dapat menggunakan pondokan yang tersedia dengan menyewa kepada pengelola.

Selain bersantai, Anda juga dapat menggunakan pondokan ini sebagai sarana melepas lelah saat menjalani aktivitas.

Harga sewanya pun beragam, tergantung pada pondokan yang Anda gunakan dengan menggunakan atap atau tidak menggunakan atap yaitu dari harga sewa Rp 100.000 hingga Rp 300.000 ribu rupiah.

2. Toilet

Toilet juga dapat dipergunakan oleh para wisatawan sebagai sarana MCK, akan tetapi ada tarif yang harus dibayarkan yaitu sekitar Rp 10.000.

Memang harga tersebut cukup mahal ya untuk sebuah toilet, akan tetapi memang menggunakan air tawar yang bersih.

3. Tempat Parkir

Kawasan parkir pantai ini juga cukup besar, sehingga wisatawan dengan mudah memarkirkan kendaraan pribadinya di area ini.

4. Cafe Dan Warung Makan

Saat berlibur di Pantai Hamdi ini, Anda tak perlu repot membekali bekal makanan yang cukup banyak. Dikarenakan kawasan ini memiliki beberapa deretan cafe dan warung makan dengan menyediakan berbagai menu makanan dan minuman.

Cafe dan warung makan ini juga dilengkapi dengan meja dan kursi dengan view menghadap ke laut.

Pantai ini juga termasuk pantai yang mengikuti perkembangan digital, dikarenakan sudah terdapat beberapa penjual makanan dengan sistem pembayaran digital melalui QRIS.

Hal ini bertujuan memudahkan para wisatawan apabila tidak membekali uang cash lebih.

Itulah informasi terkait dengan Pantai Hamadi yang merupakan objek wisata bahari sekaligus wisata sejarah.

Bagaimana dengan Pantai Hamadi yang telah kami ulas? Apakah Anda tertarik mengunjungi Pantai Hamadi ini?

Jika Anda tertarik mengunjungi wisata pantai ini maka persiapkan rencana Anda mulai dari sekarang ya mengingat pantai ini berada di Jayapura Papua.

Nah, selain Pantai Hamadi, Anda juga dapat menyempatkan waktu berlibur di pantai menarik lainnya sesuai Pantai Harlem yang juga terletak di Jayapura.

(PAN)

Total dibaca: 15x


Penawaran Populer


Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

PANTAI POPULER

Wisata Pantai Bama Harga Tiket Masuk, Rute Lokasi dan Foto Terbaru